Monday, June 27, 2016

Syarat-syarat dan Kriteria makanan Pendamping ASI (MPASI) bayi 6 bulan keatas

Hai sahabat Ilmubayi.com, setelah sebelumnya saya membagikan postingan tentang "4 Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang tepat kepada bayi 6" bulan keatas, kali ini saya akan melanjutkan membagikan pengetahuan tentang Syarat-syarat dan Kriteria makanan Pendamping ASI (MPASI).

Syarat-syarat dan Kriteria makanan Pendamping ASI (MPASI) bayi 6 bulan keatas
syarat dan kriteria makanan pendamping ASI
Dalam mengolah makanan sebagai pendamping ASI tentunya harus disesuaikan dengan syarat-syaratnya agar makanan yang diberikan dapat menjamin kesehatan bayi kita. Adapun syarat-syarat makanan pendamping ASI (MPASI) yang baik diberikan kepada bayi 6 bulan keatas adalah:
  1. Makanan tambahan untuk bayi harus mempunyai sifat fisik yang baik yaitu rupa dan aroma yang layak.
  2. Harus memenuhi jumlah zat-zat gizi yang diperlukan bayi seperti protein, energi, lemak, vitamin, mineral dan zat-zat tambahan lainnya

Selain dari syarat-syarat tersebut, makanan pendamping ASI juga harus memenuhi kriteria yang ditetapkan agar makanan pendamping ASI yang diberikan tidak mengganggu kesehatan si Bayi. Intinya kita harus teliti dan tidak tergesa-gesa, karena bila tidak teliti dalam memilih makanan, tentu akan dapat mengganggu kesehatan si Bayi dan menghambat perkembangannya. Berikut ini adalah Kriteria makanan Pendamping ASI (MPASI), yaitu:
  1. Memiliki nilai energi dan kandungan protein yang tinggi.
  2. Memiliki nilai suplementasi yang baik serta mengandung vitamin dan mineral yang cocok.
  3. Dapat diterima oleh alat pencernaan dg baik.
  4. Harga relatif murah.
  5. Sebaiknya dapat diproduksi dari bahan-bahan yang tersedia secara lokal.
  6. Bersifat padat gizi.
  7. Kandungan serat kasar atau bahan lain yang sukar dicerna dalam jumlah yang sedikit

Demikian tentang syarat dan kriteria makanan pendamping ASI yang baik bagi bayi yang tidak mengganggu kesehatan bayi dan bayi pun dapat berkembang sesuai dengan harapan.

1 comments: