Tuesday, June 28, 2016

Inilah hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan MP-ASI pada Bayi

hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan MP-ASI pada Bayi
MP-ASI untuk Bayi
iLmuBayi.com - MP-ASI adalah makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi untuk menambah asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi dalam rangka perkembangan dan pertumbuhannya. Akan tetapi sebelum memberikan MPASI kepada bayi, tentunya ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan MP-ASI pada bayi agar berdampak baik bagi perkembangan si Bayi. Nah berikut ini ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam menentukan MPASI pada si Bayi.
  1. Umur bayi : Pemberian MPASI haruslah memperhatikan usia / umur dari bayi. Seperti yang telah disinggung pada artikel sebelumnya bahwa bayi mulai diberikan MPASI ketika telah berumur 6 bulan keatas. Kenapa? silahkan baca : alasan MP-ASI diberikan pada bayi Usia 6 Bulan keatas. Ketika MPASI diberikan pada waktu yang tepat, akan menghindarkan si Bayi dari dampak negatif pemberian makanan pendamping ASI terlalu dini.
  2. Berat badan bayi: Berat badan yang lebih maupun kurang dari pada berat badan rata-rata untuk umur tertentu merupakan faktor untuk menentukan jumlah zat makanan yang harus diberikan supaya pertumbuhan berjalan sebaik-baiknya 
  3. Suhu lingkungan: Suhu tubuh dipertahankan pada 36,50c–370c untuk metabolisme yang optimum. Dengan adanya perbedaan suhu antara tubuh dan lingkungannya, maka tubuh melepaskan sebagian panasnya yang harus diganti dengan hasil metabolisme .
  4. Aktifitas: Tiap aktifitas memerlukan energi. Makin banyak aktifitas yang dilakukan maka makin banyak energi yang dibutuhkan .
  5. Keadaan sakit: Pada keadaan sakit, seperti adanya infeksi terhadap metabolisme yang berlebihan dari pada asam amino dan lagi pula suhu tubuh meninggi, kedua-duanya memerlukan makanan yang tidak boleh dilupakan .

Jadi demikian mengenai hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan MP-ASI pada Bayi, karena bila tidak tepat akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan bayi.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment