Monday, June 27, 2016

Gangguan Pemberian MPASI Terlalu Dini pada kesehatan Bayi dan ASI

Gangguan Pemberian MPASI Terlalu Dini pada kesehatan Bayi dan ASI
Gangguan MPASI dini pada bayi
iLmubayi.com - Bapak ibu para orang tua, mungkin adakalanya kita tidak menyadari bahwa ada beberapa bentuk kasih sayang kita kepada bayi yang malah dapat merugikan dan menyakiti bayi kita. Contoh nyata yang sering terjadi di masyarakat adalah dimana ada orang tua atau anggota keluarga yang memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) terlalu dini kepada bayinya, dan yang lebih parahnya adalah pemberian makanan yang padat dan atau juga ada orang tua yang sering memberikan snack / makanan ringan kemasan yang banyak mengandung sat perasa dan bahan pengawet yang tentu saja tidak baik dengan harapan agar si bayi bisa senang, tertawa-tawa atau mungkin untuk membuatnya tidak menangis lagi. Tapi tahukah anda adanya bahaya yang menggangu kesehatan si Bayi.

Nah berikut ini adalah beberap gangguan pemberian MPASI terlalu dini pada bayi, yaitu:
  1. Bayi lebih sering menderita diare. Hal ini disebabkan cara menyiapkan makanan yang kurang bersih juga karena pembentukkan zat anti oleh usus bayi yang belum sempurna.
  2. Bayi mudah alergi terhadap zat makanan tertentu. Keadaan ini terjadi akibat usus bayi yang belum kuat sehingga mudah dilalui oleh protein asing.
  3. Produksi ASI menurun, karena bayi yang sudah kenyang dengan MP-ASI sehingga akan berdampak pada frekuensi menyusu lebih jarang, akibatnya menurunkan produksi ASI.
  4. Terjadi malnutrisi atau gangguan pertumbuhan anak.Bila makanan yang diberikan kurang bergizi dapat mengakibatkan anak menderita KEP (Kurang Energi Protein) dan dapat terjadi sugar babyatau obesitas bila makanan yang diberikan mengandung kalori yang terlalu tinggi.
Itulah beberapa gangguan yang terjadi pada si Bayi ketika diberikan MP ASI terlalu dini. Untuk menjaga kesehatan Bayi, berikanlah si Bayi makanan pendamping ASI yang sesuai dengan syarat dan kriteria yang benar.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment