Monday, June 27, 2016

Kenali Dampak Negatif Pemberian MP-ASI Terlalu Dini pada Bayi

Kenali Dampak Negatif Pemberian MP-ASI Terlalu Dini pada Bayi
Gambar: Bayi sedang makan
iLmuBayi.com - Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan ternyata memberikan banyak dampak yang tidak baik bagi si Bayi. Apakah anda pernah melakukan hal ini? Nah bagi anda yang baru memiliki bayi atau yang masih berencana membuat bayi, sebaiknya anda tahu bahwa pemberian MPASI pada bayi terlalu dini akan memberikan dampak negatif dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

A) Resiko jangka pendek
  1. Pengenalan makanan selain ASI kepada diet bayi akan menurunkan frekuensi dan intensitas pengisapan bayi, yang akan merupakan risiko untuk terjadinya penurunan produksi ASI.
  2. Pengenalan serealia dan sayur-sayuran tertentu dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dari ASI sehingga menyebabkan defisiensi zatbesi dan anemia.
  3. Resiko diare meningkat karena makanan tambahan tidak sebersih ASI.
  4. Makanan yang diberikan sebagai pengganti ASI sering encer, buburnya berkuah atau berupa sup karena mudah dimakan olehbayi. Makanan ini memang membua tlambung penuh, tetapi memberi nutrient lebih sedikit dari pada ASI sehingga kebutuhan gizi / nutrisi anak tidak terpenuhi.
  5. Anak mendapat faktor pelindung dari ASI lebih sedikit, sehingga resiko infeksi meningkat.
  6. Anak akan minum ASI lebih sedikit, sehingga akan lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak
  7. Kolikusus yaitu istilah yang digunakan bagi kerewelan atau tangisan yang terus menerus bagi bayi yang dipercaya karena adanya kram didalam usus.


B) Resiko jangka panjang
  1. Obesitas: Kelebihan dalam memberikan makanan mempunyai konsekuensi pada usia-usia selanjutnya terjadi kelebihan berat badan ataupun kebiasaan makan yang tidak sehat.
  2. Hipertensi: Kandungan natrium dalam ASI yang cukup rendah (±15 mg/100 ml). Namun, masukan dari diet bayi dapat meningkat drastis jika makanan telah dikenalkan. Konsekuensi dikemudian hari akan menyebabkan kebiasaan makan yang memudahkan terjadinya gangguan / hipertensi.
  3. Arteriosklerosis: Pemberian makanan pada bayi tanpa memperhatikan diet yang mengandung tinggi energi dan kaya akan kolesterol serta lemak jenuh, sebaliknya kandungan lemak tak jenuh yang rendah dapat menyebabkan terjadinya arteriosklerosis dan penyakit jantung iskemik.
  4. Alergi Makanan: Belum matangnya sistem kekebalan dari usus pada umur yang dini dapat menyebabkan alergi terhadap makanan.

Itulah dampak / resiko negatif jangka pendek maupun jangka panjang pemberian MPASI terlalu dini pada bayi.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment