Sunday, April 3, 2016

Pilih Jenis Buah yang Baik untuk Bayi 6 Bulan

Setelah berakhirnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi dari usia 0 sampai dengan 6 bulan, maka perlu diberikan Makanan Pendamping ASI atau yang sering disebut dengan istilah MPASI. Makanan pendamping ASI ini adalah jenis makanan yang bertekstur lembek agar Bayi tidak mengalami masalah pada ususnya. Jenis makanan yang memiliki tekstur tidak keras adalah bubur dan beberapa jenis buah-buahan. Harus disadari bahwa nutrisi pertama yang dibutuhkan oleh bayi berusia 6 bulan adalah protein. Di mana protein bia Anda dapatkan dari berbagai jenis daging seperti daging ayam, daging sapi, ikan salmon, dan sebagainya. Tentunya semua itu sudah dalam bentuk bubur agar lebih mudah untuk dicerna. Ada juga nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi adalah vitamin dan juga mineral. Di mana bayi 6 bulan pasti akan membutuhkan vitamin A, B, E, D, K dan juga C. Beberapa vitamin tersebut dapat ditemukan pada sayur dan juga buah-buahan.

Ternyata tidak semua jenis buahan bisa diberikan kepada bayi karena jenis buah tidak semuanya sama, ada jenis buah yang lembek dan ada juga jenis buah yang bertekstur keras. Nah sebaiknya anda memilih dengan baik jenis buah yang lembek yang pastinya cocok dengan bayi anda.  Berikut adalah jenis buah yang patut anda pertimbangkan karena manfaatnya yang sangat baik.

1) Buah Pisang
Buah pisang sangat baik diberikan pada bayi karena mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan pada pisang yang bermanfaat untuk bayi seperti fosfor, vitamin A, kalium, dan juga asam folat.

2) Buah Jeruk
Selain pisang ternyata jeruk juga makanan yang baik karena mengandung  vitamin C, namun selain ituada juga kalium, kalsium, vitamin A, serat dan juga asam folat.

3) Buah Apel
Apel adalah buah yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh selain dari rasanya yang enak Namun untuk memberikan apel pada Bayi, terlebih dahulu anda harus melunakannya dengan cara dikupas, direndam kemudian di blender agar bayi mudah mengkonsumsinya. Nutrisi yang terkandung pada buah apel adalah  vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga magnesium

4) Buah Pir
Buah pir sangat baik diberikan pada balita dengan cara diblender / dijus, karena selain mengandung banyak air, ternyata buah Pir juga mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga kaliumnya memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk bayi.

Nah jadi itu beberapa buah yang baik diberikan pada bayi anda sebagai makanan pendamping ASI, semoga dapat membantu anda terutamanya ibu-ibu mudah yang memang belum berpengalaman.

0 comments:

Post a Comment