Saturday, January 28, 2017

Inilah 10 Alasan Kenapa Anak Perlu Diajak Bermain di Luar Rumah

ilmubayi.com - Sebagai orang tua sering kali kita melarang berbagai aktifitas anak diluar rumah karena kita merasa takut akan ada hal-hal yang tidak baik terjadi pada si anak, seperti jatuh saat bermain, bermain debu yang membuat badannya kotor dan lain sebagainya. Kekhawatiran berlebihan orang tua kepada anaknya seringkali membatasi ruang gerak bagi si anak untuk bermain dan mengembangkan ide-idenya, padahal banyak sekali manfaat yang akan didapatkan si anak yang mempengaruhi tumbuh kembangnya anak ke arah yang positif. Dari pada anak selalu dikamar dan hanya menonton TV saja, ada baiknya kalau secara rutin, si anak juga diajak untuk bermain di halaman.

Nah berikut ini adalah 10 Alasan Kenapa Anak Perlu Diajak Bermain di Luar Rumah

1. Menambah dan memperkaya aktivitas belajar anak
Kegiatan bermain di luar akan dapat memberi kesempatan kepada anak untuk dapat melihat dan menyentuh dengan interaksi langsung dengan benda-benda yang sebelumnya hanya bisa dlihat oleh anak di buku pelajaran saja
.  
Gung Candra - Anak 3 tahun bermain di ladang
Gung Candra - Anak 3 tahun bermain di ladang
2. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Bebas bermain dihalaman rumah tidak serta merta membuat anak menjadi sakit, tetap sebaliknya semakin dini anak terpapar dengan lingkungan yang ada di luar, maka akan semakin dini juga si anak terpapar bakteri yang tentunya banyak tersebar di lingkungan luar. Nah adanya paparan secara alami ini akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh si anak.

3. Dapat merangsang pertumbuhan fisik anak
Ketika anak bermain di luar rumah, dia akan memiliki kesempatan untuk beraktifitas seperti melompat, berkejar-kejaran, serta menggerakkan tubuhnya dengan cara-cara yang tidak terbatas. Nah hal ini memiliki dampak yang baik untuk meningkatkan perkembangan otot-otot anak tersebut.

4. Mendapatkan asupan vitamin D
Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin D  diolah dengan adanya bantuan dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, selain untuk pertumbuhan tulang, vitamin D juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes yang mungkin ada pada anak.

5. Merangsang / menstimulasi kreativitas anak
Bermain diluar dapat dilakukan secara bebas dibawah pengawasan orang tua. Dengan tidak adanya aturan baku saat bermain di luar rumah, anak pun akan bermain seusai dengan kreativitasnya atau menggunakan imajinasi yang seluas-luasnya.

6. Merangsang / menstimulasi jiwa kepemimpinan pada anak
Pada dasarnya setiap manusia memiliki jiwa memimpin dalam dirinya. Bakat kepempimpinan anak tentunya akan bisa terasah saat bermain teman-teman sebayanya di luar rumah. Hal ini dikarenakan anak akan memiliki kesempatan untuk mengatur tema permainan dan menghadapi  tantangan yang terjadi bermain dengan teman sebayanya.

7. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak
Segala aktifitas yang dilakukan anak bila selalu dibantu oleh orang tua, akan dapat menghambat tumbuhnya rasa percaya diri pada kemampuannya. Ketika berada di luar rumah, anak akan bertemu banyak hal yang tidak pernah dia duga, seperti adanya tebing atau undakan. Ajak anak untuk memegang atau memanjatnya. Hal ini secara tidak langsung akan mengasah rasa percaya diri si anak.

8. Merangsang / menstimulasi keterampilan sosial pada anak
Sesungguhnya manusia itu adalah mahluk individu dan sosial. Ketika dari kecil dia hanya bermain sendiri didalam rumah, maka besar kemungkinanya anak akan menjadi anak yang individualis dan tidak bisa bersosialisasi. Sehingga lingkungan luar akan mendorong anak untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lain. Nah di sinilah keterampilan sosialnya akan tumbuh dan berkembang dan terus terasah.

9. Dapat mengurangi risiko obesitas pada anak
Bila aktivitas anak hanya makan, tidur dan sedikit bermain dalam rumah, maka besar kemungkinannya si anak akan menderita obesitas. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya adakan aktivitas di luar rumah. Aktivitas di luar rumah membuat anak bebas dan aktif bergerak, sehingga risiko terjadinya obesitas dapat dihindari pada diri anak.

10. Dapat meningkatkan konsentrasi anak
Jaman sekarang banyak anak yang kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga mempengaruhi perilaku belajarnya. Konsentrasi anak dapat ditingkatkan dengan menghabiskan waktu di luar rumah. Tentunya hal ini telah dibuktikan pada pasien ADHD, yaitu gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta sulit memusatkan perhatian. Banyak anak dikatak nakal karena menderitahi peraktif.

Jadi dengan mengajak anak bermain diluar akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembangnya anak seperti 
1. Menambah dan memperkaya aktivitas belajar anak.  
2. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
3. Dapat merangsang pertumbuhan fisik anak
4. Mendapatkan asupan vitamin D
5. Merangsang / menstimulasi kreativitas anak
6. Merangsang / menstimulasi jiwa kepemimpinan pada anak
7. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak
8. Merangsang / menstimulasi keterampilan sosial pada anak
9. Dapat mengurangi risiko obesitas pada anak
10. Dapat meningkatkan konsentrasi anak
Reactions:

0 comments:

Post a Comment