Monday, July 11, 2016

Inilah Faktor yang Mempengaruhi Proses Tumbuh Kembang Balita, Bayi atau Anak

iLmubayi.com - Selamat sore ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya yang saat ini telah beruntung menjadi orang tua yang diberikan anugerah terindah berupa bayi / anak. Namun pernahkah anda memperhatikan bagaimana proses tumbuh kembangnya anak anda? Apakah pertumbuhan anak anda dalam batas kewajaran? Karena sesungguhnya tumbuh kembangnya bayi / anak anda dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor-faktor inilah yang sesungguhnya harus diperhatikan oleh orang tua agar bayi / anak anda bisa tumbuh dan berkembang secara wajar sesuai dengan harapan.

Nah inilah dua faktor yang mempengaruhi proses tumbuh kembang optimal seorang anak, yaitu : 
1. Faktor dalam, faktor dalam ini juga sering disebut dengan faktor internal yaitu dari dalam diri anak itu sendiri baik bawaan maupun diperoleh. Sehingga faktor ini sudah ada pada diri si bayi sejak ia dilahirkan atau lebih populer disebut genetik factor.
2. Faktor luar; faktor luar juga disebut dengan faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar diri si bayi / anak yang tidak ada sangkut pautnya dengan gen / bawaan lahir. Yang termasuk ke dalam faktor eksternal contohnya adalah faktor keluarga, gizi dan faktor lainnya. 
Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Perkembangan Bayi, Balita, Anak
Proses Perkembangan Bayi, Balita, Anak

Nah selain dari faktor dalam dan luar itu, secara menyeluruh ada beberapa faktor yang sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan dan perkembangan Bayi Balita, yaitu: 
  1. Keluarga Berencana 
  2. Pemberian kebutuhan nutrisi yang baik 
  3. Penyakit muntah-menceret 
  4. Infeksi saluran nafas akut 
  5. Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. 
Kelima faktor diatas merupakan masalah yang utama dan paling sering menimbulkan gangguan pada proses tumbuh kembang anak atau bayi. Dengan memahami beberapa faktor yang menjadi penentu tumbuh kembang bayi atau anak tersebut, diharapkan agar kita bisa lebih memperhatikannya sehingga harapan untuk menjadikan anak / bayi kita berkembang dengan semestinya dapat terwujud

Baca juga:
Reactions:

0 comments:

Post a Comment